XL PENUHI KEBUTUHAN JARINGAN DI 2022, DIANTARANYA INFRASTRUKTUR 5G TERBARU FEBRUARI 2022

 


TemaOppo.com – XL Axiata telah menetapkan tiga fokus pembangunan jaringan di 2022, sejumlah inisiatif, disebut-sebut telah mulai diimplementasikan sejak awal tahun ini. XL Axiata juga akan terus menyiapkan infrastruktur jaringan guna menunjang layanan 5G.

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, mengatakan, untuk memastikan kebutuhan jaringan berkualitas terpenuhi di tahun 2022 ini, mencakup beberapa aspek. Pertama, peningkatan customer experience.

“Untuk hal ini, dilakukan penerapan intelligence and automation guna meningkatkan kemampuan jaringan, yang meliputi otomatisasi pada konfigurasi jaringan, optimasi, self-diagnostic, serta pemulihan jaringan,”ujar Gede, dalam media briefing secara virtual, (24/02/22).

Baca Juga: Tumbuh 3%, XL Axiata Raih Laba Bersih Rp1,3 Triliun di 2021

Selain itu, XL Axiata juga sudah mengimplementasi automated optimization untuk VoLTE services, serta value-based planning tools yang melibatkan beberapa aspek strategis bisnis dalam perencanaan jaringan.

Dengan penerapan intelligence and automation ini, XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat, dimana intelligence and automation ini diaplikasikan pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan.

Aspek kedua, memberikan pengalaman layanan digital yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti penyediaan layanan yang terintegrasi untuk mobile consumer dan home serta penyediaan kapasitas jaringan yang sesuai dengan kebutuhan tiap area.

Aspek ketiga, reliable service experience atau pengalaman layanan yang lebih andal, untuk aspek ini XL Axiata menargetkan 100% availability, dengan menambah 12.000 BTS LTE900 yang menjangkau 343 kota, serta menambah 100 BTS 5G di 3 kota.

“Selain itu, XL Axiata juga menambah 2 lokasi core, 6.000 site fiberisasi dan 20.000 km tambahan fiber untuk menjamin realtime high-performance, lag-free experience bagi pelanggan,”terang Gede.

Siapkan Infrastruktur 5G

Pada tahun 2022 ini, XL Axiata juga akan terus menyiapkan infrastruktur jaringan guna menunjang layanan 5G. Salah satunya memastikan ketersediaan spektrum dan perangkat. Di awal tahun ini, XL Axiata mengadakan uji coba co-existency 5G dan Fixed-Satellite Service (FSS) guna memastikan potensi pemanfaatan spektrum 3.5GHz bagi 5G.

Baca Juga: 5G XL Axiata Sapa Mandalika

Februari 24, 2022 - tanpa komentar

0 komentar untuk XL PENUHI KEBUTUHAN JARINGAN DI 2022, DIANTARANYA INFRASTRUKTUR 5G TERBARU FEBRUARI 2022.