HATI-HATI MAIN SOSIAL MEDIA, SALAH LANGKAH BISA MASUK PENJARA TERBARU JUNI 2022.HP TERBAIK.COM


HP TERBAIK.COM Berhati-hati bermain jejaring sosial media, jangan sembarangan menyebarluaskan konten yang sudah dibuat oleh orang lain sebelumnya.

Mengutip dari kasus yang dialami oleh Seorang pakar telematika Roy Suryo, yang sebelumnya ia mengunggah meme atau gambar patung budha Candi Borobudur yang diedit mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo.

Roy Suryo juga mengaku unggahannya tersebut bukan perkara ingin melecehkan umat Budha. Roy Suryo pun sendiri telah menghapus postingannya itu setelah menyadari bahwa perlakuannya tersebut telah menimbulkan polemik.

Kabar terbaru menyebutkan Roy Suryo telah melapor pihak kepolisian untuk melaporkan 3 akun media sosial yang mengunggah meme tersebut pertama kali.

Baca juga : Investor Kudu Hati-Hati,  Media Sosial Jadi Ladang Penipuan Crypto

Roy Suryo juga menjelaskan terkait alasannya melaporkan ketiga akun media sosial itu karena masyarakat menjadi tergiring opini karena gambar tersebut.

Maka dari itu pentingnya edukasi bagi masyarakat jangan sembarangan memposting gambar maupun video yang awalnya dikonsumsi untuk pribadi bersifat candaan, bisa jadi hal tersebut malah bisa menimbulkan polemik dimasyarakat.

Dan apabila ada oknum yang akan menimbulkan menyebarluaskan konten tersebut dan tanpa persetujuan dapat dikenakan sanksi berupa denda hingga masuk bui.

Karena setiap individu masyarakat Indonesia juga memiliki hak untuk merasa aman sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Rasa aman tersebut diera digital seperti sekarang ini diwujudkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Indormasi dan Transaksi Elektronik dan perubahannya pada undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 (UU ITE).

Tidak hanya itu, pelanggaran terhadap menyebarluaskan konten yang sudah dibuat oleh orang lain ini juga dapat dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap data pribadi.

Yang termuat dalam pasal 1 Ayat 1 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang perlindungan data pribadi sebagai data perorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenarannya serta dilindungi kerahasiaannya.

Baca juga : Hati-hati Modus Baru Penipuan, Jangan Langsung Tanggapi Pesan Suara dari Penelepon Tak Dikenal

Namun berdasarkan Pasal 27 Ayat (1) UU ITE dan pasal 45 Ayat (1) UU ITE menjelaskan setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarluaskan informasi kepada banyak orang yang memiliki muatan dengan melanggar kesusilaan dapat dikenakan sanksi pidana paling lama 6 tahun penjara atau denda sebesar Rp 1Milliar.

Namun apabila dari perbuatannya tersebut yang dapat memberikan kerugian maka orang tersebut dapat dikenakan sanksi penjara paling lama 12 tahun dan denda sebesar Rp 12Milliar yang tercantum dalam Pasal 36 UU ITE dan Pasal 51 ayat (2) UU ITE.

Maka dari itu dalam menggunakan media sosial harus lebih berhati-hati lagi jika ingin mempublikasikan ulang konten yang sudah dibuat oleh orang lain. 

Juni 17, 2022 - tanpa komentar

0 komentar untuk HATI-HATI MAIN SOSIAL MEDIA, SALAH LANGKAH BISA MASUK PENJARA TERBARU JUNI 2022.HP TERBAIK.COM.